Jumat, 29 Oktober 2010

Bebaskan Mata Lelah Gara-gara Komputer



Istirahatkan mata
Sepanjang waktu kerja, berikan mata istirahat sejenak dengan berfokus pada sesuatu selain layar monitor. Cobalah latihan berikut, angkat jari telunjuk dan tempatkan beberapa sentimeter dari wajah. Fokuskan pandangan pada jari dan perlahan pindahkan jari itu lebih jauh beberapa sentimeter. Lalu, fokuskan pada sesuatu yang lebih jauh dan kembali ke fokus ke jari. Perlahan kembalikan jari ke posisi beberapa sentimeter di depan wajah. Kemudian pindahkan fokus ke objek jauh dan tetap berfokus ke sana selama beberapa detik Ulangi latihan ini tiga kali sepanjang waktu kerja.

Ubah kebiasaan
Cobalah berdiri dan bergerak menjauh dari meja kerja paling tidak beberapa jam sekali. Jika mungkin, rebahkan bahu di sandaran kursi dan tutup mata selama beberapa saat. Paling tidak berikan istirahat selama 5 menit setiap jam. Lakukan hal lain seperti menelpon dan membereskan berkas surat.

Sering berkedip
Ini untuk menyegarkan mata kembali. Tahukah Anda,orang berkedip lebih jarang ketika bekerja di depan layarmonitor. Karena itu, sering terjadi kasus mata kering karena bekerja terlalu lama di depan komputer. Dengan berkedip akan memproduksi airmata, sehingga membantu melembabkan mata. Buatlah kesadaran untuk lebih sering berkedip saat bekerja dengan komputer.

Lakukan rileksasi
Ringankan tegangan otot dengan latihan rileksasi ini. Letakkan siku di meja kerja, telapak tangan menghadap ke atas. Biarkan beban jatuh ke depan dan kepala jatuh ke tangan. Posisikan kepala sehingga alis berada di dasar telapak tangan dengan jari menjulur ke dahi. Tutup mata dan tarik napas melalui hidung. Tahan napas selama beberapa detik Buang napas. Lanjutkan pernapasan dalam ini selama 15 sampai 30 detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar